Cara Mengajar Anak Mengaji Agar Tidak Bosan

Cara Mengajar Anak Mengaji Agar Tidak Bosan – Mengaji adalah salah satu hal baik yang perlu diajarkan pada anak. Biasanya anak agak susah-susah gampang untuk diajak belajar mengaji. Bagi sebagian anak-anak, belajar hanya akan membuat bosan dan mengganggu waktu bermainnya. Namun, jangan sampai anak berpikir bahwa belajar mengaji adalah hal yang membosankan juga. Berikut adalah cara mengajar anak mengaji agar tidak bosan dan mereka masih bisa bermain-main dan bergembira;

Manfaatkan Kegiatan yang Disukai Anak

Anak-anak memiliki banyak kegiatan yang disukainya, seperti bermain, menyanyi, menggambar, mewarnai, jalan-jalan, dsb. Kegiatan tersebut biasanya digunakan sebagai selingan setelah rutinitas kegiatan belajar mengaji. Namun, kegiatan tersebut juga bisa digunakan sebagai media penyampaian untuk mengajar mengaji. Misalnya, kegiatan mengenal huruf bisa disampaikan dengan menyanyi, menggambar atau bermain tebak huruf hijaiyah.

cara efetif mengajari anak mengaji

Kegiatan bercerita dan memberi kisah-kisah inspiratif yang menarik juga bisa menanamkan motivasi semangat mengaji pada anak. Kegiatan jalan-jalan, tadabbur alam juga bisa dimanfaatkan untuk menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam ayat-ayat surat yang sudah diajarkan saat mengaji. Jadi, ajak anak belajar mengaji dengan kegiatan-kegiatan yang menarik agar dia tidak bosan dan lebih cepat memahami apa yang disampaikan.

Gunakan Media Interaktif

Menggunakan media interaktif seperti laptop dan internet adalah salah satu cara mengajar anak mengaji agar tidak bosan. Anda bisa membuka youtube dan memperlihatkan cara penyebutan huruf hijaiyah yang benar. Bermacam-macam lagu-lagu huruf hijaiyah yang tersedia di website juga bisa membantu dalam proses belajar anak.

Aplikasi permainan huruf hijaiyah di laptop juga bisa digunakan untuk membuat kompetisi kecil di kelas agar kelas menjadi hidup. Video-video dongeng islami juga efektig untuk ditayangkan pada anak-anak agar mereka memahami art pentingnya mengaji. Jadi, media-media di sekitar Anda bisa dimanfaatkan se-kreatif mungkin untuk membantu Anda mengajar anak mengaji.

Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman dan Menyenangkan

Ruangan belajar yang nyaman bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi anak agar betah mengikuti kegiatan belajar mengaji. Misalnya, memilih warna atau bentuk yang menarik pada meja dan kursi yang digunakan di kelas. Anda juga bisa mengajak anak berkreasi untuk menghias dinding dengan tulisan kaligrafi dan poster islami.

cara mengajari anak mengaji

Selain konsep ruangan, konsep kepribadian sebagai pengajar yang baik adalah salah satu hal yang membuat susasana belajar menjadi menyenangkan. Sebagai pengajar, jadilah guru yang sabar, tidak mudah marah dan komunikatif pada anak. Murah senyum dan jangan memaksa anak belajar ketika dia sudah mulai bosan.

Berikan Reward/ Penghargaan/ Hadiah

Berikan reward target-target kecil pada anak dalam proses belajarnya. Misalnya mampu menghafal beberapa huruf dalam sehari atau seminggu. Mereka akan menjadi tantangan dan berkompetisi untuk mencapainya. Apalagi ada reward atau hadiah yang diberikan bagi yang bisa meraihnya.

Penghargaan tidak harus yang besar, penghargaan kecil-kecilan juga bisa dilakukan. Misalnya, ketika memberi pertanyaan tentang islam, tajwid, anak yang menjawab benar dan cepat bisa pulang duluan. Penghargaan anak membuat mereka merasa terapresiasi dan lebih semangat untuk belajar mengaji.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak Perempuan Menurut Islam

Itulah berbagai cara mengajar anak mengaji agar anak tidak bosan. Hal yang baik dan disampaikan  dengan cara yang menarik akan membuat anak merasa senang untuk belajar. Apalagi dengan banyak kegiatan dan permainan, proses memahami mereka jadi lebih cepat dan menyenangkan. Jadi, pintar-pintarlah memutuskan untuk menggunakan cara yang mana dalam suasana mengajar anda. Jangan berhenti untuk menjadi kreatif dalam mengajar. Selamat mengajar!