Cara mengajari anak mengaji usia 3 tahun

Ayah bunda untuk mengajari anak mengaji saat usia tiga tahun dapat dilakukan dirumah dengan kedua orang tua. Lakukan dengan cara menyenangka. lihat situasi anak jangan mengajak belajar anak di saat dia sedang merajuk, karena hal itu akan cenderung membuat anak malas akan belajar kedepannya.

Hal yang paling mudah dilakukan oleh orang tua untuk mengajarkan anak mengaji adalah dengan mengulang-ngulang bacaan saat anak bermain, atau juga dengan bernyanyi seperti alif ba ta, dengan demikian karena sering di ulang-ulang memory anak akan merekamnya secara baik, atau dapat juga dengan memutar video atau audio lagu-lagu untuk belajar mengaji.

Hindari kesan pemaksaan dalam mengajarkan anak usia ini, perlu ayah bunda ketahui juga kemampuan setiap anak berbeda-beda baik dalam mengingat atau juga dalam melafalkan, jadi ayah bunda harus extra sabar dalam mengajarkan anak-anaknya di usia emas ini dan buat kegiatan belajar mengaji yang menyenangkan untuk saat ini banyak juga aplikasi untuk belajar mengaji yang dapat membuat belajar mengaji menyenangkan.

Prinsip belajar Al-quran pada anak :

  1. Lakukan kegiatan mengaji adalah suatu hal yang menyenangkan bagi mereka.
  2. Untuk hafalan dimulai dengan ayat-ayat pendek yang mudah dipelajari.
  3. Jangan terdapat unsur pemaksaan.
  4. Yang paling penting adalah keteladanan dan motivasi.

Cara memelihara dan mengembangkan ingatan pada anak:

  1. Buat anak fokus dan perhatian pada apa yang sedang dipelajari olehnya.
  2. Faktor gizi adalah hal yang penting untuk memelihara daya ingat anak, hindari makanan yang tidak sehat seperti zat adiktif dan sebagainya dalam makanan anak hal ini walau tidak terlihat langsung namun pasti akan merusak daya ingat anak dimasa akan mendatang.
  3. Menjelaskan sejelas mungkin kepada anak atas nilai yang terkandung dalam bacaan atau hafalan al-quran, hal ini akan membuat anak lebih mudah dalam mengingatnya dan memori anak akan berkerja dengan baik.
  4. Disiplin waktu adalah kunci penting juga waktu belajar, bermain , istirahat harus jelas.
  5. Hindari celaan dan tekanan pada anak hal ini dapat mengancam psikologi anak.
  6. Ciptakan motivasi-motivasi agar anak suka akan hal belajar dan menghafal atau juga memberi reward untuk hasil yang di capai oleh anak.

Waktu yang harus dihindari mengajari anak mengaji:

  1. Saat anak mengantuk.
  2. Saat anak lelah dan letih.
  3. Saat kelaparan atau kekenyangan.
  4. Saat merajuk atau bad mood.
  5. Saat sesuatu yang menyenangkan terjadi dan hal itu jarang terjadi, misalnya saat anak-anak sebaya anak berada dirumah di hari-hari besar, karena hal itu tentu menyenangkan bagi anak namun tidak selalu terjadi.