Kapan Implantasi Terjadi? Berikut penjelasanya

Kapan implantasi terjadi pada wanita? Apakah terjadi saat setelah masa pembuahan? Atau terjadi pada saat berbulan-bulan setelah pembuahan? Mungkin, Anda perlu mengetahui kapan tepatnya impantasi terjadi dalam rahim seorang wanita. Berikut sedikit ulasannya;

1. Minggu pertama dan kedua

Pada minggu pertama kehamilan, biasanya seorang wanita tidak akan langsung bisa menyadari bahwa dirinya sedang mengandung. Saat minggu pertama dan kedua pun belum bisa dilakukan tes kehamilan melalui testpack. Pada masa ini, ovulasi sedang terjadi dalam tubuh seorang wanita. Ovulasi merupakan pelepasan sel telur dari ovarium. Sel telur matang yang dilepas dari ovarium berjalan menuju tuba falopi hingga sampai ke dalam rahim. Kemudian, sel telur ini akan bertemu sperma sehingga wanita mendapatkan masa kehamilannya.

Gejala yang dialami pada minggu pertama kehamilan belumlah terasa banyak dialami. Seorang wanita hanya akan mengalami gejala seperti sebelum menstruasi saja. misalnya, nyeri pada payudara dan perut juga puting yang membesar. Wanita juga belum merasakan tanda-tanda kehamilan setelah pembuahan pada minggu-minggu ini. Beberapa gejala baru akan dialami pada minggu-minggu berikutnya.

2. Minggu ketiga

Kemudian, kapan terjadinya implantasi? Apakah di minggu ketiga masa kehamilan? Tentunya, minggu ketiga awal belumlah sampai pada tahapan implantasi. Sel telur dan sperma baru saja bergabung membuat satu sel yang disebut sebagai proses pembuahan. Pada saat inilah, jenis kelamin bayi akan ditentukan. Sel telur yang terbuahi akan membuat jalan menuju rahim seorang wanita. Sel ini bisa berlipat dan membagi menjadi sel dalam jumlah yang banyak. Proses pembelahan sel ini disebut sebagai pembelahan diferensiasi. Pembelahan ini menciptakan blastokista (kelompok cairan sel) yang berperan pada kapan implantasi terjadi dalam tubuh wanita.

Blastokista berkembang dalam rahim dan membentuk dua lapisan. Lapisan-lapisan tersebut adalah lapisan luar sel trofoblas dan inner cell mass (ICM). Kemudian, pada akhir dari minggu ketiga, barulah dimulai proses implantasi. Sebab, blastokista menempel ke dinding rahim pada saat blastokista telah terbentuk secara sempurna. Proses penempelan inilah yang disebut sebagai proses implantasi. Pada tahap ini, tidak ada tanda-tanda atau gejala kehamilan yang dialami oelhe seorang wanita.

3. Minggu ke-empat

Implantasi hanya terjadi saat blastocyst liang ke dalam dinding rahim untuk makanan. Pada masa ini, sel-sel terus tumbuh dan membelah secara signifikan dan cepat. Minggu ke-empat adalah masa bagi Inner Cell Mass (ICM) untuk membagi dirinya kedalam dua lapisan. Dua lapisan tersebut adalah lapisan epiblast dan hypoblast. Lapisan sel inilah yang akan menjadi bagian organ dan tubuh bayi dalam rahim.

Pada minggu ke-empat, sel blastokista terus menanamkan dirinya ke dalam rahim wanita. Sel trofoblas-lah yang berperan untuk memberi makanan pada bayi saat masa kehamilan. Setelah implantasi selesai dalam minggu ini, tubuh wanita akan memproduksi hormon gonadoptropin chorionic manusia (hCG). Hormon inilah yang membantu tubuh menjada kehamilan dengan memberitahu ovarium agar tidak melepaskan telur matang. Hormon hCG juga memberikan sinyal untuk mendeteksi kehamilan. Jadi pada minggu keempat, saat implantasi telah berjalan sempurna, barulah Anda bisa mengecek kehamilan dengan alat seperti testpack.

Pada minggu keempat, cluster sel terus menanamkan dirinya ke dalam rahim. Sel-sel trofoblas yang sedang mengembangkan cara untuk memberi makan bayi selama kehamilan. Setelah implantasi selesai, tubuh Anda akan mulai memproduksi gonadoptropin chorionic manusia (hCG). Hormon ini membantu tubuh menjaga kehamilan. Ia juga memberitahu ovarium untuk berhenti melepaskan telur matang setiap bulan. Anda mungkin akan kehilangan periode berikutnya. Pada minggu ini, Anda akan mendapatkan gejala seperti kram, lemas, mual, kesemutan atau nyeri, sering buang air kecil, dan kembung.

Baca Juga : Cara Sederhana Mengajari Anak Berhitung

Itulah sedikit ulasan mengenai kapan implantasi terjadi dalam rahim wanita? Tentunya, masa paling mendebarkan adalah masa menunggu kehamilan. Namun, kehamilan baru bisa terdeteksi setelah masa implantasi berjalan dengan sempurna. Jadi, sudah tahu kan kapan implantasi terjadi? Berikutnya, Anda bisa mengetahui sendiri kapan saat paling tepat untuk melakukan tes kehamilan.