Macam-macam Gejala Implantasi Yang Mungkin Anda Alami

Gejala implantasi bisa dilihat pada masa awal kehamilan seorang wanita. Biasanya gejala-gejala ini akan terjadi pada saat 4 hari sebelum wanita mendapatkan siklus menstruasinya. Berbagai perubahan tubuh terjadi dan kondisi hormonal akan terus meningkat. Tentunya ini akan menyebabkan sakit di beberapa bagian tubuh. Namun, sakit yang dirasakan berbeda dari biasanya karena sakitnya merupakan bagian dari gejala implantasi. Agar tidak susah membedakan, berikut ulasan  beberapa gejala implantasi yang dialami oleh seorang wanita;

1. Mudah Mengantuk dan Lemas

Gejala mengantuk yang sangat kuat adalah gejala awal implantasi atau gejala awal kehamilan. Biasanya seorang wanita akan mudah mengantuk di siang dan malam hari, bahkan tak jarang juga wanita akan tertidur di siang bolong. Selain mengantuk, wanita akan mengalami rasa lesu, mudah lelah dan kepala pusing. Hal ini terjadi karena suhu tubuh wanita menjadi tinggi.

Kemudian tubuh akan menjadi lesu, lemas dan bahkan cenderung malas untuk melakukan berbagai pekerjaan. Rasa pusing pun akan dirasakan karena darah lebih cenderung mengalir kedalam rahim dan darah dalam otak menjadi berkurang. Ketika Anda mendapatkan gejala ini, sebaiknya lebih banyak beristirahat dan tidak melakukan berbagai perkerjaan berat.

2. Muncul Gejala Seperti Masuk Angin

Gejala implantasi berikutnya yang akan dialami oleh seorang wanita adalah gejala seperti masuk angin. Seorang wanita akan mengalami demam, menggigil, pilek dan sakit tenggorokan. Gejala demam yang dialami akan terus berkelanjutan hingga menyebabkan wanita akan berkeringat di malam hari. Ini dikarenakan tubuh wanita sedang menjaga suhu badan agar suhu tetap tinggi.

Selanjutnya, suhu yang meningkat menyebabkan ketidakseimbangan hormonal hingga wanita akan merasa menggigil. Sedangkan pilek dan sakit tenggorokan terjadi karena tubuh wanita menjadi sangat sensitif. Jadi, ketika ada sedikit saja benda asing yang masuk melalui hidung atau mulut menyebabkan sakit tenggorokan dan pilek.

3. Munculnya Gejala Seperti Sebelum Datang Bulan

Implantasi juga ditandai dengan gejala-gejala yang sama seperti saat seorang wanita akan mendapatkan siklus menstruasinya. Payudara akan menjadi lebih sensitif, mengencang, terasa nyeri dan sakit. Tidak hanya pada bagian payudara, namun bagian perut bagian bawah juga akan mengalami rasa nyeri.

Nyeri pada perut ini akan dirasakan seperti perut yang kesemutan hingga sakit perut yang terasa melilit. Selain itu, sakit juga akan dirasakan pada bagian kepala dan pinggang. Sakit kepala yang luar biasa biasanya juga menyebabkan mual. Sedangkan sakit pinggang akan terus dialami oleh wanita hingga akhir masa kehamilan.

4. Perubahan Cairan Yang Keluar Dari Vagina

Bau cairan yang keluar dari vagina akan berbeda dari biasanya. Bau asamnya lebih kuat dan menyengat. Selain itu, kondisi cairan yang keluar pun akan mengalami perubahan. Cairan yang keluar biasanya terasa lengket, berwarna agak putih dan semi transparan.

Namun, cairan tersebut akan berubah menjadi halus, transparan dan putih pukat  pada saat positif hamil. Pendarahan pun juga akan terjaadi dan berbeda ketika pendarahan saat datang bulan. Warna darah yang keluar akan menjadi lebih gelap dari biasanya. Namun, pendarahan ini hanya dialami oleh sebagian kecil saja.

5. Gejala Sembelit, Nyeri Perut, Sakit Lambung

Proses implantasi yang terjadi menyebabkan wanita mengalami sembelit dan diare. Wanita juga akan sering merasa ingin buang air kecil. Ini terjadi karena fungsi ginjal meningkat. Selain itu, perut akan terasa kencang meskipun dalam kondisi lapar atau tidak kenyang. Wanita juga akan mengalami sakit lambung karena perubahan hormonal yang terjadi. Bila kerja lambung lemah, wanita juga menjadi mudah bersendawa dan sering kentut. Jadi, sangat disarankan untuk makan perlahan agar mudah dicerna dan  berbagai sakit lambung bisa dihindari.

Baca Juga : Cara Mengajari Anak Belajar Di Rumah

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai gejala implantasi yang umum terjadi pada wanita. Gejala ini umum dirasakan paa saat sebelum datang bulan. Namun, Anda harus menunggu sampai lewat masa datang bulan untuk memastikan kehamilan. Jangan sampai Anda kecewa nantinya karena terburu-buru mengira-ngira kehamilan. Selain itu, tidak ada salahnya untuk mengenali kehamilan tidak hanya dari gejala, namun juga dari testpack.