Cara Mengajari Anak 2 Tahun Berenang

Mengajari anak 2 tahun berenang memang bukanlah perkara yang mudah. Anda tidak bisa begitu saja mengajari anak berbagai gaya berenang yang benar. Tentu saja, itu diajarkan secara perlahan dan membutuhkan kesabaran. Ajaklah anak Anda untuk tertarik pada kolam renang terlebih dahulu. Kemudian, secara bertahap Anda bisa mengajarinya cara berenang. Anda bisa melakukan beberapa tahap berikut sampai anak Anda benar-benar siap untuk diajari cara berenang yang benar;

1. Temani Anak dan Siapkan Alat Penyelamat

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika mengajari anak berenang adalah temani anak di kolam renang. Sebab, itu adalah pertama kalinya anak Anda mengenal kolam renang. Pastikan dia merasa tenang dan aman dengan bersama Anda. Kemudian, Anda bisa memilih kolam renang yang dangkal terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa alat kesalamatan seperti pelampung atau ban. Pasangkan pelampung tersebut ke badan anak, agar menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

2. Kenalkan Anak Dengan Area Stepping

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengajari anak 2 tahun berenang adalah kenalkan anak dengan area stepping. Pada tahap ini, cobalah untuk mengajak anak Anda duduk-duduk di area stepping. Dengan begitu, anak akan mengenal dan tahu kedalamaan air kolam renang. Dia akan tahu apakah kolam itu dangkal atau terlalu dalam untuknya. Sebaiknya Anda menggunakan mainan pada tahap ini. Jangan lupa juga untuk mengecek terlebih dahulu kedalaman air sebelum memperkenalkannya pada anak.

3. Cobalah Untuk Menenggelamkan Mainan Ke Dalam Air

Anda bisa mencari benda yang agak berat yang bisa tenggelam di dalam air. Sebaiknya, Anda menggunakan mainan yang disukainya. Kemudian, tenggelamkanlah mainan tersebut ke dalam air di dekat area stepping. Mintalah anak untuk mencoba meraihnya atau mengambilnya. Cara ini bertujuan untuk melatih anak berani mendekati air.

4. Ajak Anak Bermain Bubbles

Anda bisa mengenalkan cara bernafas dalam air dengan permainan bubbles. Caranya, ajaklah anak untuk mendekatkan wajahnya pada air. Jangan lupa untuk memberikan instruksi tarik napas dalam-dalam terlebih dahulu. Kemudian, berikanlah contoh pada anak untuk memasukkan wajah dalam air sambil meniupkan udara di dalamnya. Udara inilah yang membentuk gelembung-gelembung atau bubbles. Dengan cara ini, anak akan merasa senang dan tidak takut untuk memasukkan kepala dalam air. Kemudian, perlahan Anda bisa mengajari cara bernafas saat berada di kolam renang.

5. Ajari Anak Untuk Menendang Air

Menendang dalam air memang membutuhkan tenaga yang kuat. Ajaklah anak Anda untuk menendang dalam air sebisa yang mereka lakukan. Sebab, anak kecil biasanya belum bisa menekuk dan meluruskan kaki dengan sempurna. Ajari dan ajaklah anak untuk menendang dengan cara yang benar. Lakukan tahap ini hingga anak benar-benar bisa meluruskan posisi kakinya di dalam air.

6. Ajari Anak Untuk Menyelam

Ketika anak sudah mulai merasa nyaman dberada di kolam renang. Ajaklah anak untuk belajar menyelam. Anda bisa memberikan aba-aba 1-2-3 sebelum anak menyelam. Setelah menyelam dan perlahan muncul ke permukaan, instruksikan agar  tidak mengucek mata. Cukup mengelap wajah saja dari atas ke bawah. Setelahnya, latihlah cara pernafasan dan membuka mata di dalam air. Tahap ini memang membutuhkan ketlatenan dan kesabaran. Setelah tahap ini terlewati, Anda bisa mulai mengajak anak mengapung, meluncur, berkeliling kolam renang. Dan akhirnya, perlahan Anda bisa mengajarinya cara berenang yang benar.

Baca Juga : Begini Cara Mengajari Anak 2 Tahun Membaca

Nah, itulah beberapa tahap untuk mengajari anak 2 tahun berenang. Memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan kesabaran ekstra ya. Sebab, jangan sampai Anda memaksa anak untuk harus bisa berenang. Beberapa tahap perkenalan seperti diatas akan membuat anak tertarik terlebih dahulu. Baru kemudian, Anda bisa mengajarinya secara perlahan hingga anak bisa berenang. Selamat mencoba!