Cara Mengajari Anak 2 Tahun Bicara

Mengajari anak 2 tahun bicara bukanlah perkara yang sulit. Anda hanya harus mengajarinya secara rutin dan sabar. Jangan sampai Anda mendiamkan anak, meskipun anak belum bisa berbicara. Teruslah latih dan rangsang anak untuk berbicara kapanpun dan dimanapun. Beberapa cara berikut bisa membantu Anda untuk mengajari anak berbicara;

Ajak Anak Untuk Terus Bekomunikasi

Sebagai orang tua, ajaklah anak Anda untuk terus beriteraksi dan berkomunikasi. Ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja Anda berada. Janganlah merasa bosan untuk mengajaknya berbicara. Apalagi, jangan sampai Anda membiarkan anak Anda diam begitu saja. misalnya, Anda bisa memberi tahu nama-nama benda yang di pegangnya. Anda juga bisa menunjuk dan mengenalkan benda di sekelilingnya. Dengan carai mengajaknya terus berkomunikasi, Anda bisa membuat anak menjadi lebih komunikatif.

Latih Anak Berbicara Dengan Cara Yang Menyenangkan

Pada tahap ini, Anda bisa merangsang anak berbicara dengan berbagai hal menyenangkan. Selain memberikan hiburan, Anda bisa bisa mengajarinya berbicara secara perlahan dan sabar. Misalnya, Anda bisa mendongeng atau mengajaknya untuk benyanyi. Anda bisa mendongeng dengan berbagai peralatan mendongen yang lucu. Anda juga bisa mengajaknya melihat buku-buku bergambar sembari memberikan dongeng. Tentu saja, tujuannya untuk memberinya kosakata-kosata baru dan agar anak bisa menirukannya. Menyanyikan lagu saat menggenddongnya, menina-bobokannya, atau saat memandikannya juga bisa merangsannya untuk menirukan apa yang Anda ucapkan. Cara ini ditujukan agar anak bisa menjadi lebih tanggap untuk mendengarkan apa yang Anda ucapkan.

Ajaklah Anak Bermain

Cara menyenangkan selanjutnya untuk mengajari anak 2 tahun bicara adalah dengan mengajaknya bermain. Sebab, ini merupakan alat bantu yang paling komunikatif bagi anak. Anda bisa merangsangnya untuk lebih aktif berbicara. Misalnya, Anda bermain gambar-gambar pada kartu atau mengajaknya mewarnai dan menggambar sesuatu. Kemudian, beritahu dan tanyakan tentang gambar-gambar tersebut. Misalnya, Anda memberitahu “ini ku…da.. kuda…”. Lakukanlah kegiatan ini dengan rutin. Ajak anak Anda untuk menirukan ucapan Anda. Setelah anak mulai bisa mengucapkan, Anda bisa menunjuk gambar-gambar dan anak yang menyebutkan nama gambar tersebut.

Tanggapi Ocehan Anak Dan Perbaiki

Bila anak sudah bisa memberikan respon pada apa yang Anda ucapkan atau tanyakan. Janganlah bosan untuk menanggapi ocehannya. Anda bisa menanggapinya dengan tertawa, tersenyum atau menanyakan maksudnya. Jangan lupa tunjukkan wajah bahagia atau wajah keingintahuan Anda. Pada tahp ini, anak mungkin memang belum bisa berbicara dengan lancar. Misalnya, anak menyebut kata makan dengan ucapan “maam”. Anda jangan menirukannya untuk berinteraksi dengannya. Tapi, betulkanlah atau perbaiki perkataanya. Anda bisa bertanya “mau makan?”. Jadi, tetap berikanlah contoh pengucapan kata yang benar.

Setiap anak mulai menirukan ucapan Anda dengan perlahan-lahan, teruslah menanggapinya dan jangan bosan untuk memperbaikinya. Anda juga bisa menyebutkan ulang kata apa yang anak Anda ucapkan. Sebab, anak akan mudah sekali menyimpan memori apa saja yang diajarkan oleh lingkungannya, termasuk dalam hal berbicara.ajaklah anak terus bekata-kata positif. Meskipun anak baru berusaha menirukan, tentu saja cara ini akan membangun kepercayaan dirinya. Jangan lupa untuk terus mengelilingi anak dengan lingkungan yang positif ya. jangan sampai anak menirukan ucapan yang tidak baik.

Baca Juga : Cara Mengajari Anak 2 Tahun Berenang

Nah, itulah beberapa cara mengajari anak 2 tahun bicara. Cara yang cukup mudah dan menyenangkan bukan? Anda sebagai orang tua merupakan lingkungan pertama bagi anak. Apa saja yang Anda ajarkan akan mudah ditangkap oleh anak, termasuk dalam hal berbicara. Anda hanya membutuhkan kesabaran dan mengajarinya secara perlahan-lahan. Jangan bosan-bosan untuk mengajaknya berbicara ya. Ajaklah anak terus berbicara seakan anak mengerti apa yang Anda ucapkan. Semoga berhasil!