Mengajari  Anak  Egois untuk Mengalahkan Rasa Keegoisannya

Keegoisan timbul dari dalam diri seseorang , baik ia masih kanak – kanak, remaja, ataupun dewasa. Sifat keegoisan tersebut merupakan sifat anak yang awam. Namun sifatnya tersebut dapat berdampak buruk bagi dirinya. Mengajari anak egois tidaklah mudah. Namun berbagai hal akan dapat melemahkan keegoisannya tersebut.

Sebelum beranjak ke point melemahkankan keegoisan,dan mengajari anak egois agar dapat menyimpan keegoisannya. Ada baiknya jika kita kenali apa keegoisan tersebut. Di kutip dari wikipedia Bahasa Indonesia, pengertian egois sendiri adalah motivasi untuk mementingkan diri sendiri dan hanya meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan dirinya sendiri.

 Sifat Egois timbul karena beberapa faktor sebagai berikut :

  1. Garis keturunan anak. Urutan pada kelahirannya dapat memunculkan sifat egoism. Dalam hal ini anak sulung dan bungsu dari keluarga besar akan memiliki sifat egois, untuk memunculkan perhatian terhadapnya.
  2. Orang tua terlalu melindungi anaknya. Sehingga menimbulkan asumsi bahwa semua orang akan melakukan apa saja demi dirinya.
  3. Orang tua sangat membanggakan anaknya, dan hal tersebut diketahui oleh dirinya. Dan hal tersebut dapat menimbulkan sifat suferior yang berlebih.
  4. Orang tua terlalu memberikan perhatian yang berlebih.
  5. Memiliki sedikit saudara akan menimbulkan sifat egois pada dirinya.

Dilihat dari faktor penyebab egoism. Egois sangatlah tidak baik bagi sang anak di kelas permainannya. Karena jika sifat egois tersebut muncul maka akan mengubah dirinya menjadi sangat di benci oleh teman – temannya dikarenakan sifat egois yang dimiliki dan tidak mau mengalah untuk orang lain. Sifat ini jika dipelihara atau dibiarkan untuk si kecil, dapat menimbulkan sifat anak egois lebih parah lagi. Dan dapat merusak pribadinya dikemudian hari. Bagaimana cara melemahkan dan mengajari anak egois untuk menyimpan keegoisannya?

Cara Melemahkan Sifat egois Anak

Sampailah pada point untuk melemahkan sifat keegoisan pada anak egois. Bagaimana cara mengatasinya?

Beberapa point akan kita bahas untuk melemahkan sifat keegoisan pada anak egois. Pointnya adalah sebagai berikut :

  1. Orang tua memberikan sifat kepedulianya terhadap anak begitupun sebaliknya, sifat kepeduliannya dapat meluluhkan kerasnya ego.
  2. Orang tua harus bersikap adil terhadap semua anak, sesuai dengan kebutuhannya.
  3. Orang tua memberikan penghargaan bagi anak atas keberhasilannya, namun jika gagal berikanlah kasih sayang danmotivasinya agar tidak mudah putus asa.
  4. Sejak dini , anak dikenalkan untuk saling membantu dan tanggung jawab. Dengan tujuan agar jalinan masyarakat terhubung erat, dan melatih kepedulian terhadap orang lain.
  5. Ajarkan anak berempati padanya semuannya. Agar hatinya tidak terkontaminasi dengan hal –hal yang kurang disukai.
  6. Menjadi teladan bagi anak, point ini sangat diperlukan anak untuk melemahkan sifat keegoisannya. Karena apa yang kita lakukan , kelak akan dicontoh oleh anak kita sendiri. So jadilah teladan yang baik, kelak agar lahir generasi yang baik pula.

Baca Juga : Cara Tepat Mengajari Anak Down Sindrom

Tips tersebut adalah sebagaian dari mengajari anak egois untuk melemahkan keegoisan kepada anak. Namun kembali ke kita lagi, bahwasannya kita sebagai orang tua penting untuk selalu mengingatkan kepada anak jika perbuatannya tidak baik. Sifat keegoisan tersebut dapat memicu sebuah pertengkaran dan menimbulkan permusuhan, jika terjadi dengan anak kita, apakah tidak kasihan. Dia jadi tidak memiliki teman bermain dan di jauhi temannya. Dan posisi orang tua adalah membalasnya dengan rasa sayang luar biasa dan perhatian, sehingga tercipta rasa nyaman dan aman pada dirinya. Dan motivasi tersebut dapat membuat seorang anak percaya pada orang lain, bahwa ia juga membutuhkan perlindungan dan bantuan orang lain.