Mengajari Anak dari Bayi Agar Cerdas dan Kreatif

Mempunyai buah hati adalah anugerah terbesar dalam sebuah rumah tangga, yang nantinya akan menjadi warna –warni dalam kehidupannya. Dari bayi hingga ia tumbuh dewasa, ia akan membutuhkan kasih sayang dan cinta dari keluargannya, untuk proses tumbuh dan kembangnya, mengajarinya anak dari bayi, agar tumbuh dan berkembang dengan baik, sehat , cerdas dan kreatif. Tugas orang tua sendiri adalah mendidiknya dan mengajarinya agar menjadi pribadi yang baik, cerdas, kreatif sejak ia kecil.

Sebab pendidikan anak dari 0 – hingga ia temukan berbagai banyak hal nantinya, lebih penting dari nol. Sebab, merupakan pendidikan dasar yang kelak akan menjadi bahan dalam proses tumbuh dan kembangnya. Mengajari anak dari bayi tidaklah mudah, sebab membutuhkan kesabaran yang extra luar biasa istimewa. Namun dengan itu semua pastilah akan dikorbankan seluruhnya demi pertumbuhan buah hatinya. Mengajari anak dari bayi, mulai dari ia tengkurap, duduk, berdiri sendiri, berjalan, berbicara, mendengarkan, dan segala hal dan pertumbuhannya, adalah kewajiban kedua orang tuanya. Sebab kebahagiaan buah hatinya adalah prioritas mereka daripada kebahagiaan mereka sendiri.

Nah mengajari anak dari bayi agar ia tumbuh sebagai pribadi yang baik , cerdas dan kreatif, berikut  :

Tips Mengajari Anak dari Bayi Agar Tumbuh Sebagai Pribadi Yang Baik, Cerdas Dan Kreatif

1. Berikan ASI Eklusif

ASI merupakan makanan yang sangat bermanfaat bagi bayi. Karena kandungan protein yang tinggi mampu meningkatkan intelegesi pada anak. Selain itu fungsi penting dari ASI sendiri adalah untuk menjaga kekebalan tubuh bayi.

2. Bicara Secara Cerdas pada Anak

Jangan menunggu anak bisa bicara dengan lancar, lalu mengajaknya berbicara. Namun sering-seringlah mengajak anak berbicara agar ia dapat menyerap apa yang ia dengarkan dari pembicara disekitarnya. Dalam tahap ini anak akan menjadi pendengar yang baik, dan caranya berbicara atau merespon adalah dengan menggerakkan bagaian dari tubuhnya, entah mata, tangan , ataupun badan.

3. Membacakan Anak Cerita

Dengan kemampuan pendengaran yang baik, anak akan menjadi penurut dan mudah berinterkasi dengan lingkungan sekitarnya. Mulailah dengan membacakan cerita – cerita anak, agar anak dapat menerima informasi dari cerita tersebut. Zaman sekarng sudah beredar banyak buku – buku cerita bergambar , dengan itu semua mulailah kenalkan apa saja yang ada pada cerita tersebut. Agar otak anak mampu menerima dengan baik.

4. Perkenalkan Anak dengan Musik

Musik dipercaya dapat meningkatkan mood dan kreatifitas seseorang. Seorang bayi kenalkanlah dengan musik, karena musik dapat membuat daya ingat, kreatifitasnya meningkat. Maka dari itu sejak ia berada dalam kandungan ia telah dikenalkan musik oleh ibunya.

5. Ajak Anak Bernyanyi

Bernyanyi dengan alunan musik dan beberapa gerakan dapat meningkatkan akan membuat otak anak berkembang pesat.

6. Bermain dengan Anak

Bermain dengan anak sangat diperlukan, karena sejak bayi anak akan dikenalkan dengan mainan – mainan yang akan membuatnya terhibur. Dan saat anak sudah mendapatkan mainannya jangan buat anak tersebut mainan sendiri, cobalah untuk menemaninya. Hal tersebut dalam meningkatkan interaksi sosial kepada anak.

7. Cukupi Gizi Anak

Untuk mencukupi kebutuhan pertumbuhannya anak membutuhkan banyak asupan vitamin guna perkembangan pada dirinya. Dengan memberikan asupan gizi yang baik, mengontrol makanan yang ia makan, dan menghindari makanan – makanan yang akan membuatnya susah makan nasi. Maka anak akan mendapatkan asupan gizi yang baik dan pertumbuhannya juga sehat.

Baca juga : Mengajari  Anak  Egois untuk Mengalahkan Rasa Keegoisannya

8. Batasi Anak Menonton TV

Demikianlah tips agar anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai harapan kita. Karena menjadikannya cerdas, dan kreatif adalah impian setiap orang tua. Dengan Mengajarinya untuk berpola cerdas sejak dari bayi, dapat menumbuhkan anak yang seperti yang kita harapkan. Dan tetaplah sabar dan penuh perhatian mengajari anak dari bayi, sehingga ia tumbuh dengan penuh kasih sayang pula.