Pahami Penyebab Mual Saat Hamil Tua dan Cara Mengatasinya

Mual memang wajar terjadi pada ibu hamil. Mual terjadi akibat meningkatnya hormon dalam tubuh. Ibu hamil akan merasakan mual pada saat awal kehamilan, yaitu ketika memasuki minggu pertama hingga minggu ke-6 usia kandungan. Tidak hanya pada ibu hamil muda saja, tetapi tidak menutup kemungkinan apabila mual juga dapat terjadi saat hamil tua.

Ketika Anda merasa mual pada saat memasuki trimester ketiga ini, jangan dianggap sepele dan dibiarkan. Segera atasi mual tersebut karena dapat beresiko bagi janin.  Untuk itu, Anda terlebih dahulu harus mengetahui penyebab mual saat hamil tua kemudian cara mengatasinya. Mari kita simak penjesalannya berikut ini.

Penyebab Mual Saat Hamil Tua

Faktor utama yang menyebabkan mual ketika hamil ialah factor hormonal. Setiap adanya janin dalam kandungan akan memicu produksi hormone dalam tubuh sehingga membuat ibu hamil merasakan mual. Tingkat rasa mual setiap ibu berbeda, ada yang ringan, sedang, dan parah. Sebenarnya, ketika hamil tua ibu hamil tidak seharusnya merasakan mual akibat adanya factor hormonal. Hal ini dikarenakan produksi hormone sudah stabil, berbeda ketika hamil muda produksi hormone sedang tinggi-tingginya.

Lantas apa yang menyebabkan mual saat hamil tua?  Mual ketika hamil tua dapat terjadi akibat kesalahan dalam memilih makanan.  Ibu hamil perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Hindari makanan dan minuman yang dapat memicu rasa mual, seperti minumam manis serta makanan dengan kandungan lemak dan asam yang tinggi.

Selain disebabkan makanan, janin yang semakin membesar juga berpengaruh. Janin tersebut akan mendesak saluran pencernaan serta organ pencernaan sang ibu. Terdesaknya organ pencernaan menyebabkan ibu mengalami mual.

Faktor ketiga disebabkan oleh naiknya asam lambung akibat sering terlambat makan. Bagi Anda yang pernah menderita asam lambung, Anda akan rentan mengalami mual dan muntah selama kehamilan. Maka dari itu perhatikan pola makan Anda, jangan membiarkan perut kosong dalam waktu lama.

Satu lagi penyebab mual saat hamil tua yang terakhir ialah factor psikologis. Faktor tertekan dan stress ketika mendekati proses persalinan juga menjadi pemicu ibu hamil merasa mual.

Mual akan berbahaya jika disertai muntah. Jika itu terjadi tubuh Anda akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang bayi. Apalagi saat mendekati persalinan, tubuh akan dehidrasi dan kekurangan cairan sehingga kesehatan ibu dan bayi akan terganggu.

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Tua

Setelah mengetahui penyebab mual selama kehamilan, Anda harus tahu cara mengatasi rasa mual tersebut. Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mual saat kehamilan.

  1. Lakukan olahraga ringan, seperti berenang, jalan santai, yoga dan senam ibu hamil.
  2. Kurangi porsi makan Anda, sebaiknya Anda makan dengan porsi sedikit namun sering daripada makan dengan porsi banyak sekaligus. Makan sekaligus dalam porsi banyak akan membuat perut penuh dan terasa sesak.
  3. Hindari makanan berlemak yang dapat memicu asam lambung.
  4. Kurangi makanan pedas dan berminyak seperti gorengan.
  5. Banyak minum air putih terutama air hangat untuk menghindari dehidrasi.
  6. Melakukan relaksasi dengan melihat pemandangan dan menghirup udara sejuk akan memberikan ketenangan bagi ibu hamil.
  7. Tidur yang cukup akan membuat badan rileks dan kembali segar.
  8. Makanlah buah yang mengandung vitamin C dan makanan bervitamin B6
  9. Hindari makanan dengan kandungan gas tinggi, seperti kol, durian, sawi hijau, tape, tempe yang dapat membuat perut kembung.

Baca Juga : Manfaat Melatih Anak Belajar Mewarnai

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab mual saat hamil tua dan cara mengatasinya. Lakukan yang terbaik untuk menjaga kesehatan dan kandungan Anda. Sekian dan semoga bermanfaat.