Tanda Implantasi Berhasil Pada Seorang Ibu Sebelum Dinyatakan Hamil

Tanda implantasi berhasil yang dialami oleh seorang wanita merupakan tanda positif kehamilan. Tentunya, tanda ini bisa dilihat dan ditandai sebelum melakukan tes kehamilan. Berbagai perubahan tubuh dan hormon akan dialami oleh seorang wanita. Perubahan-perubahan tersebut adalah sebagai tanda proses implantasi yang berhasil. Proses implantasi yang berhasil bisa dilihat dari berbagai tanda berikut ini;

1. Pendarahan Implantasi

Pendarahan implantasi berbeda dengan  pendarahan yang terjadi saat datang bulan. Selain periode pendarahan implantasi yang relatif sebentar atau beberapa hari saja, warna darah yang keluarpun berbeda. Warna darah pada saat pendarahan implantasi cenderung lebih gelap atau lebih terang dari darah haid. Misalnya, darah yang keluar warna merah gelap atau merah muda. Volume darah yang keluar pun lebih sedikit dan tidak sebanyak saat siklus datang bulan. Namun, kebanyakan wanita tidak menyadari apakah itu darah datang bulan atau darah implantasi. Sebab, darah implantasi memang hanya dialami oleh sebagian kecil wanita, yaitu sekitar 30% wanita saja.

2. Kram Ringan

Tanda implantasi berikutnya adalah munculnya kram ringan di sekitar area perut pada saat sebelum berhenti haid. Kram ini terjadi karena rahim sedang beradaptasi agar bisa menampung embrio. Siklus Kram ringan ini tidak seperti kram yang terjadi pada saat datang bulan. Kram karena implantasi hanya berlangsung singkat dan tidak terasa nyeri. Jadi, Anda tidak akan mengalami sakit yang berkelanjutan seperti sakit saat sedang haid.

3. Terjadinya Perubahan pada Payudara

Tubuh seorang wanita akan sedikit mengalami perubahan saat implantasi berhasil, termasuk pada bagian payudara. Perubahan hormon menyebabkan payudara menjadi sedikit melunak. Selain itu, payudara juga menjadi lebih besar dan warna puting susu menjadi lebih gelap. Payudara juga akan terasa sakit dan nyeri selama berhari-hari atau selama masa kehamilan berlangsung. Jika Anda mengalami perubahan seperti ini pada payudara Anda, tidak ada salahnya untuk bersegera melakukan tes kehamilan.

4. Morning Sickness

Salah satu tanda implantasi berhasil dan paling sering dialami oleh kebanyakan wanita adalah morning sickness. Morning sickness ditandai dengan rasa mual yang berlebihan. Namun, ini wajar karena hormon dalam tubuh sedang mengalami perubahan secara signifikan. Rasa mual biasanya didapati karena bau-bau tajam seperti kopi dan makanan tertentu lainnya. Jika seorang wanita mengalami ini, berarti dia benar-benar sedang positif hamil.

5. Suhu Basal Tubuh Meningkat

Pada suhu basal tubuh biasanya dijadikan sebagai tolak ukur kehamilan. Suhu basal tubuh seorang wanita yang sedang mengalami kehamilan akan meningkat. Peningkatan suhu basal yang terjadi sekitar antara 37.4C hingga 37.5C. Tentunya, ini menyebabkan seorang wanita menjadi merasa kepanasan. Peningkatan suhu ini terjadi karena kadar hormon progesteron dalam tubuh wanita juga meningkat. Namun, saat kadar hormon progesteron dalam tubuh wanita mulai menurun, suhu basal akan tetap tinggi pada masa kehamilan.

6. Sering Buang Air Kecil

Seorang wanita yang positif hamil akan lebih sering untuk buang air kecil. Ini terjadi pada saat minggu pertama hingga satu bulan masa kehamilan. Hal ini terjadi karena tubuh wanita sedang menyiapkan ruang untuk janin. Janin yang berkembang akan terus menekan saluran kemih sehingga membuatnya menjadi mudah penuh dan harus dikosongkan. Jadi, tekanan pada saluran kemih inilah yang membuat seorang wanita menjadi lebih sering untuk buang air kecil.

Baca Juga : Cara Cerdas Mengajari Anak Dengan Baik

Itulah beberapa tanda implantasi berhasil yang dijadikan sebagai tolak ukur kehamilan seorang wanita. Tidak berhenti dari ulasan diatas, masih banyak sekali tanda-tanda kehamilan yang akan dialami oleh seorang wanita. Jika Anda mengalami beberapa tanda diatas, tidak ada ruginya untuk segera mencoba tes kehamilan. Tentunya, selamat bagi para wanita yang mendapati tesnya positif. Sebab, kehamilan adalah masa-masa yang paling ditunggu dan diharapkan oleh seorang wanita.