Tanda tanda Awal Implantasi Pada Kehamilan

Kehamilan yang terjadi, biasanya dibarengi dengan tanda – tanda awalnya yang mudah untuk dikenali. Salah satu tanda awal terjadinya kehamilan adalah dengan adanya pendarahan implantasi yang menjadi salah satu sinyal bahwa adanya kehidupan lain di dalam rahim anda. sel telur yang berhasil dibuahi ini, biasanya akan bergerak menuju rahim dan masuk kedalam dinding rahim. Jaringan akan terbentuk menjadi trofoblas dan akan merusak sejumlah pembuluh darah pada area rahim anda, dan menyebabkan terjadinya perdarahan.

Perdarahan ini sendiri yang menjadi tanda awal kehamilan, memang sekilas mirip dengan datangnya masa haid. Namun berbeda dengan darah ketika haid, biasanya implantasi ini sendiri memiliki beberapa faktor pembedanya tersendiri, yang perlu untuk anda ketahui. Dan dibawah ini, adalah beberapa tanda awal terjadinya implantasi yang bisa anda ketahui, dan menjadi tambahan informasi adanya gejala kehamilan yang terjadi pada anda, atau pasangan, yang akan dibahas lebih lanjut berikut ini.

Tanda Awal Terjadinya Implantasi Kehamilan

  1. Warna pendarahan berbeda dengan warna ketika sedang haid

Tanda awal terjadinya implantasi pada kehamilan ini sendiri, biasanya terjadi mirip seperti sedang mengalami proses datang bulan. Hanya saja ketika diperhatikan, warna darah yang keluar akan sedikit lebih berbeda dibandingkan dengan darah yang keluar ketika mengalami datang bulan. Biasanya, pendarahan karena implantasi ini sendiri, akan cenderung lebih gelap dari darah haid, dan jumlah darah yang keluar relatif lebih sedikit. Selain itu, pendarahan karena implantasi ini, terjadi hanya beberapa hari, berbeda dengan proses ketika sedang datang bulan.

  1. Kram ringan

Perdarahan karena implantasi ini, biasanya akan diiringi dengan adanya kram ringan pada sekitar area perut anda. hal tersebut sebenarnya normal terjadi, karena rahim mesti beradptasi untuk menampung embrio. Akan tetapi, bedanya dengan kram pada saat haid, kram karea terjadinya kehamilan ini sendiri, terjadi lebih ringan, daripada haid biasa, dan memang untuk gejalanya lebih sesaat daripada ketika mengalami proses datang bulan.

  1. Morning sickness

Selain itu, terjadinya morning sickness biasanya juga mengikuti terjadinya proses implantasi pada masa kehamilan. Ini bisa menjadi salah satu bukti nyata bahwa anda sedang mengandung. Biasanya mual terjadi karena penolakan bau yang lebih tajam. Semisal kopi, dan jenis bahan makanan lainnya. Morning sickness ini sendiri menjadi salah satu hal normal karena adanya perubahan hormon yang signifikan pada tubuh anda pasca melahirkan.

  1. Payudara terasa nyeri

Salah satu gejala lainnya yang menjadi tanda awal implantasi pada kehamilan adalah adanya rasa nyeri pada payudara anda, selain mengalami morning sickness ini. payudara akan lebih membesar, dan puting susu menjadi lebih gelap warnanya, serta lebih besar. Namun ini juga kerap terjadi selama proses datang bulan. Hanya saja gejala yang satu ini, ketika proses datang bulan, tidak dibarengi dengan adanya morning sickness, dan terjadi hanya beberapa saat saja.

Demikianlah beberapa hal yang bisa menjadi tanda awal implantasi pada kehamilan. Maka segeralah memeriksakan diri ke dokter kandungan, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.